Bismillah... Kedai buku ini bertujuan membantu teman-teman di malaysia yang memerlukan data untuk bahan kajian dan referensi, menambah wacana ataupun sekedar memenuhi rak perpustakaan pribadinya.

Keadilan Transisional

Judul Buku : Keadilan Transisional
Sebuah Tinjauan Komprehensif
Penulis : Ruti G. Teitel
Penerbit : ELSAM

Diawal abad ini, masyarakat dipelbagai belahan dunia melucuti kekejaman rezim otoritarian dan mulai membangun demokrasi. Disaat-saat adanya perubahan radikal seperti itu, mencuatlah sebuah pertanyaan penting: mestikah suatu masyarakat menghukum rezim masa lalu yang kejam itu atau membiarkan masa lalu menjadi milik masa lalu itu sendiri? Buku yang sangat menarik dan penuh inspirasi ini mengangkat isu tersebut pada tingkat yang baru, suatu tingkat yang menantang pelbagai terminologi dan konsep yang menjadi perdebatan kontemporer.
Dengan menggunakan pendekatan interdisiplin, Ruti Teitel menguak jalan bagaimana suatu masyarakat seharusnya merespon rezim yang jahat. Kendati argumennya melawan pandangan paten yang mengedepankan penghukuman, Teitel sendiri sangat menekankan bahwa bagaimanapun juga hukum tetaplah memainkan peranan yang sangat penting dalam periode perubahan radikal. Ia menggunakan pendekatan komparatif dan historis-interpretatif. Dengan itu ia menghadirkan pelbagai respon-respon konstitusional, legislatif dan administratif terhadap pelbagai ketidakadilan yang mengikuti perubahan politik. Dalam buku ini Teitel mengajukan sebuah konsepsi normatif yang baru tentang keadilan. Bagi Teitel, pemahaman tentang keadilan tidak bisa dilepaskan dari pengaruh politik yang sangat kuat terhadap cahaya kerlip kedaulatan hukum (rule of law) yang menurut hematnya, telah menjadi simbol transisi liberal.
Buku ini sangat menantang pelbagai asumsi paten selama ini dalam kaitan dengan periode transisi. Karena itu, buku yang sangat provokatif secara intelektual dan pada gilirannya turun gunung ke ranah gerakan dan praksis patut dan semestinya dijadikan sebagai bacaan utama bagi para pengambil kebijakan, intelektual dan penggerak revolusi dan pejuang demokrasi baru.
Ruti G. Teitel adalah Ernst C. Stiefel Professor of Comparative Law di New York Law School, dimana ia juga mengajar mata kuliah hak asasi manusia internasional dan hukum konstitusional.