Bismillah... Kedai buku ini bertujuan membantu teman-teman di malaysia yang memerlukan data untuk bahan kajian dan referensi, menambah wacana ataupun sekedar memenuhi rak perpustakaan pribadinya.

Wajah Islam Politik

Judul Buku : Wajah Islam Politik
Penulis : L. Carl. Brown
Penerbit : Serambi

Kaum muslim terus berupaya mencapai komunitas politik yang ditata oleh hukum Tuhan didunia ini. Agama (din), degara (daulah) dan dunia (dunya) dipandang saling bertaut erat satu sama lain. Namun, pergulatan untuk mencapai “negara islami” itu melahirkan ragam pemikitan dan ekspresi politik yang kaya, sesuai dengan zaman dan tantangan yang dihadapi.
Buku ini menelusuri seluk-beluk pergulatan itu dimasa lalu hingga masa kini: dari pemikiran politik muslim era pramodern yang cenderung kepada sikap pasif politik tapi berhasil mencegah pemerintah dari memproklamirkan (dan kemudian menerapkan) keortodokan agama, hingga kelompok fundamentalis Islam Radikal dewasa ini yang mengklaim hendak merekonstruksi “zaman keemasan” Islam masa Nabi dan para sahabatnya.
Dengan tinjauan historisnya yang memukau tentang hubungan antara kehidupan agama dan politik dunia Islam, Carl Brown sekaligus menepis citra Islam sebagai agama yang inheren, agresif dan anti-asing, seperti yang sudah begitu lama tertanam di Barat.
Carl Brown adalah profesor pada Princeton University, Amerika serikat dan editor dari Imperial Legacy: The Ottoman Imprint on the Balkans and the Middle East.