Bismillah... Kedai buku ini bertujuan membantu teman-teman di malaysia yang memerlukan data untuk bahan kajian dan referensi, menambah wacana ataupun sekedar memenuhi rak perpustakaan pribadinya.

Islamic Studies di Perguruan Tinggi

Judul Buku :
Islamic Studies di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif-Interkonektif
Penulis : Prof. Dr. M. Amin Abdullah
Penerbit : Pustaka Pelajar

Pemetaan studi agama pada sisi normativitas dan historisitas telah berhasil memberikan petunjuk dan peta (road map) bagaimana sesungguhnya ilmu-ilmu keislaman dibangun. Namun demikian, sikap “berpura-pura” untuk dapat menanggalkan atau membuang sama sekali ketegangan (tension) antar kedua sisi tersebut tidaklah mudah atau bahkan mustahil.
Buku ini hadir dalam rangka mengurangi ketegangan yang seringkali tidak produktif dengan menawarkan gagasan paradigma keilmuan interkoneksitas. Paradigma ini menegaskan bahwa bangunan keilmuwan apapun, baik keilmuan agama, sosial, humaniora maupun kealaman tidak dapat berdiri sendiri to be single entity, akan tetapi kerjasama, saling tegur sapa, saling membutuhkan, saling koreksi dan saling keterhubungan antar disiplin keilmuan akan lebih dapat membantu manusia dalam memahami kempleksitas persoalan kehidupan dan sekaligus upaya pemecahannya.
Kehadiran buku ini sekaligus mencairkan sekat-sekat tembok (stumbling block) antar berbagai pendukung keilmuan yang ada. Da, secara epistimologis paradigma interkoneksitas merupakan jawaban terhadap kesulitan yang selama ini diwariskan, dirasakan dan diteruskan berabad-abad dalam peradaban Islam tentang adanya dikotomi pendidikan umum dan pendidikan agama.